TREIndonesia

Pentingnya Self Improvement Untuk Meningkatkan Kualitas Diri

15 April 2021

Untuk dapat meningkatkan kualitas diri, individu memang harus berani menantang diri sendiri, mengambil kesempatan dan pengalaman yang sebelumnya belum pernah dicoba, serta keluar dari zona nyaman.

Setiap orang ingin melakukan peningkatan dalam diri dan memiliki perubahan yang lebih baik. Sebab, masing-masing individu tentu tak ingin diam dalam zona yang tidak berkembang. Pastinya ingin menjadi pribadi yang semakin baik serta memiliki banyak cita-cita untuk diraih. Biasanya untuk mengubah diri menjadi lebih baik, diperlukan peningkatan diri atau dikenal dengan istilah self improvement.

Self improvement adalah upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas diri agar menjadi orang yang lebih baik. Ini bisa meliputi pengembangan bakat dan potensi dalam mewujudkan impian, meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan, serta meningkatkan kesadaran dan identitas diri.

Lalu, bagaimana caranya?

Langkah awal yang bisa dilakukan self improvement adalah menumbuhkan motivasi pada diri. Alasan adalah untuk meningkatkan kapasitas diri. Selanjutnya, simak penjelasan berikut ini...

1. Berdamai dengan diri sendiri dan orang lain

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Dengan self improvement, individu tidak akan berdiam diri dan terpuruk dalam penyesalan. Justru akan bangkit dan mencoba berdamai dengan diri sendiri dan orang lain. Teruslah berusaha untuk melepaskan semua tekanan tersebut yang dapat membantu melangkah lebih maju.

2. Membuat goals harian

Setelah dapat berdamai dengan diri sendiri dan orang lain, buatlah goals harian agar selalu semangat dalam proses peningkatan diri. Individu harus memulainya dengan membuat tujuan, apa saja yang ingin kita capai dengan melakukan self improvement.

3. Mengembangkan skill dan hobi

Memiliki hobi dan mengembangkan skill membantu individu untuk mengekspresikan emosi sekaligus memberi motivasi untuk mengembangkan skill sebagai bentuk self-improvement.

4. Mendapatkan dukungan positif

Dalam proses peningkatan diri pasti sangat membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitar, karena dukungan akan sangat berpengaruh pada sikap maupun emosi. 

5. Menguatkan growth mindset

Growth mindset merujuk pada keyakinan bahwa kita selalu mampu untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri. Pola pikir growth mindset bisa dikuatkan dengan mengantisipasi tantangan-tantangan yang berisiko muncul kapan pun. 

6. Berbuat baik 

Melakukan kebaikan untuk orang lain tak hanya bermanfaat untuk orang yang menerima kebaikan saja tapi pemberi pun akan mendapatkan manfaat yang tak ternilai harganya. 

7. Keluar dari zona nyaman

Untuk dapat meningkatkan kualitas diri, kita harus berani menantang diri sendiri, mengambil kesempatan atau pengalaman yang sebelumnya belum pernah dicoba. Semua upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri adalah selalu berfikir positif. Sebab, semua harus melewati proses yang panjang dan tetap semangat.