TREIndonesia

Penyebab dan Cara Atasi Insomnia Tanpa Obat-obatan

17 November 2020

Orang yang mengidap insomnia umumnya memiliki waktu tidur yang kurang dan tidak berkualitas. Ketahui caranya...

Kurang tidur dapat menurunkan fungsi tubuh, mulai dari konsentrasi yang rendah hingga daya tahan tubuh melemah. Insomnia termasuk masalah yang sangat mengganggu, karena berpengaruh terhadap aktivitas sepanjang hari. Menurut, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, menyebutkan, “kurang tidur juga dianggap sebagai masalah kesehatan masyarakat.”

Padahal tidur merupakan aktivitas penting yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan dan memperbaiki sel-sel yang rusak dan menjadikan tubuh pulih kembali. Tak heran, banyak orang melakukan berbagai cara mengatasi insomnia agar bisa tidur dengan cepat. Salah satunya dengan mengkonsumsi obat tidur. 

Obat tidur memiliki efek samping, tanpa disadari bahwa obat tidur justru akan menimbulkan berbagai efek, seperti memperlambat kerja sistem saraf, susah menjaga keseimbangan, perubahan mood, hingga ketergantungan dengan obat tidur. Dan perlu diingat, tanpa obat tidur justru merasa menjadi semakin sulit tidur. Bahkan aktivitas tidur bisa menjadi saat yang paling mencemaskan.

Penyebab insomnia

Gejala insomnia biasanya digambarkan pada kondisi seseorang yang merasa lelah dan mengantuk keesokan harinya, kesulitan untuk memulai tidur, sering terbangun pada malam hari dan sulit untuk tidur kembali, dan sulit berkonsentrasi. 

Biasanya, penyebab yang paling umum dari insomnia adalah stres, kecemasan, dan kebiasaan tidur yang buruk. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal  Sleep tahun 2005 menemukan, bahwa orang-orang yang mengalami insomnia sepuluh kali lipat lebih rentan mengalami depresi dan gangguan kecemasan.

Cara mengatasi insomnia tanpa obat

Alih-alih mengkonsumsi obat tidur, mengatasi insomnia bisa dilakukan secara alami agar kualitas tidur menjadi lebih baik.

1. Terapkan jam tidur yang teratur

2. Buatlah tempat tidur hanya untuk tidur dengan suasana nyaman

3. Lakukan aktivitas menyenangkan, salah satunya dengan membaca buku

4. Rutin olahraga

5. Mencukupi asupan magnesium, seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau.

6. Batasi konsumsi kafein

7. Mandi sebelum tidur

8. Batasi penggunaan gadget sebelum tidur

9. Batasi tidur siang

10. Hindari makan banyak sebelum tidur

11. Merilekskan tubuh dan pikiran dengan relaksasi lebih kurang 20-30 menit.