TREIndonesia

Posisi Duduk yang Benar Agar Tulang Belakang Tetap Sehat

27 January 2021

Saat bekerja, posisi duduk yang salah bisa membuat pegal dan berbahaya bagi kesehatan. Bagaimana postur duduk yang baik?

Jika dihitung-hitung dalam satu hari, mungkin kita bisa menghabiskan waktu sampai dengan 10 jam hanya untuk duduk. Mulai dari pagi hari berkendara menuju tempat kerja, di kantor, istirahat makan siang bahkan saat beribadah pun kita melakukan gerakan duduk. 

Ada banyak risiko yang mungkin terjadi ketika kita tidak melakukan posisi duduk yang benar, terutama saat bekerja di depan laptop atau komputer seharian. Duduk seharian di depan komputer dari pagi hingga sore bisa membuat otot kaku dan dapat membahayakan kesehatan.

Misalnya, dapat menimbulkan penyakit pada tulang belakang apabila tidak ditangani sedini mungkin, nyeri sendi atau nyeri pada punggung. Sebenarnya, posisi duduk yang baik dapat membantu meningkatkan konsentrasi, menghindari sakit punggung, hingga meningkatkan kepercayaan diri. 

Posisi duduk yang benar melibatkan semua hal, mulai dari jarak antara tubuh dengan laptop atau komputer, posisi kursi dan meja, hingga sudut kemiringan mata saat melihat laptop atau komputer di meja. 

Simak, posisi duduk yang benar...

Posisi duduk yang benar berarti menjaga bagian-bagian vital di tubuh kita berada di postur yang tepat dan menggunakan sokongan otot dengan tepat pula.  

  1. Atur posisi kursi dan meja senyaman mungkin

  2. Posisikan jarak layar laptop atau komputer dengan pandangan kita

  3. Posisikan keyboard dan mouse dengan benar

  4. Duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu ke belakan

  5. Jika perlu, letakan bantal kecil sebagai penyanggah untuk membuat posisi lengkungan tulang belakang agar normal.

  6. Tekuk lutut pada sudut yang benar, kaki menyentuh lantai

  7. Hindari menyilangkan kaki

  8. Putarlah seluruh badan jika mengambil barang

  9. Cobalah untuk tidak duduk dengan posisi yang sama selama lebih dari 30 menit

  10. Stretching walaupun sebentar