TREIndonesia

Punya Hewan Peliharaan Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

16 February 2021

Hewan peliharaan dianggap menggemaskan dan bisa menjadi teman bermain yang asyik. Pasalnya, hewan turut memiliki peranan penting pada ekosistem. Dan secara tak langsung, hewan peliharaan ikut berkontribusi juga dalam menyehatkan tubuh pemiliknya.

Pada tingkat emosional, memiliki hewan peliharaan dapat mengurangi depresi, stres, dan kecemasan. Peneliti juga menemukan bahwa memelihara hewan dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung, mencegah stres, dan dapat meningkatkan aktivitas fisik. 

Sembari ditemani hewan peliharaan saat sedang stres membuat tekanan darah turun. Sebaliknya, produksi hormon beta-endorphin (hormon penghilang rasa sakit) meningkat. Ternyata tidak hanya menyenangkan, memelihara hewan juga bisa mendatangkan beragam manfaat sehat, ya! 

Berikut ini beberapa manfaat  sehat memiliki hewan peliharaan:

1. Suasana hati lebih baik dan meredakan stres

Hanya dengan 30 menit bermain dengan hewan peliharaan, tubuh akan melepaskan hormon bahagia ke otak. Kegiatan tersebut memang dapat meningkatkan kadar dopamin dan serotonin yang berperan menenangkan pikiran dan membahagiakan perasaan. 

2. Menghilangkan kesepian dan perasaan negatif

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki binatang peliharaan mempunyai perasaan saling memiliki lebih erat dan jauh dari perasaan penolakkan.

3. Membantu untuk bisa hidup sehat

Jika memiliki hewan peliharaan, artinya kamu harus berkomitmen untuk merawatnya setiap hari. Mulai bangun pagi untuk kasih makan, jalan-jalan, memandikan, membersihkan kandang, atau menyediakan peralatan yang dibutuhkan.

4. Meningkatkan sistem imun

Kebanyakan orang ragu memelihara hewan peliharaan karena beberapa beranggapan dapat menimbulkan penyakit. Tapi ternyata, memelihara hewan dapat membuat sistem imun lebih baik daripada yang tidak. Sebab, cenderung lebih kebal terhadap alergi, asma, dan alergi kulit.

5. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah penelitian telah membuktikan hal tersebut. Penelitian itu menemukan bahwa seseorang yang memelihara kucing memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena penyakit jantung.

6. Menjaga tekanan darah

Dalam sebuah penelitian terhadap 240 pasangan yang menikah, pemilik hewan peliharaan memiliki tekanan darah dan detak jantung yang relatif rendah saat istirahat dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.