TREIndonesia

Rasa Bahagia Ada Dalam Rasa Syukur dan Terima Kasih

12 February 2021

Syukur adalah sebuah ungkapan rasa terima kasih atas hidup dan segala nikmat yang diberikan. Banyak yang mengatakan bersyukur dan berterima kasih akan membawa banyak manfaat bagi diri sendiri. Memang benar.

Para penelitian ini secara ilmiah membuktikan bahwa dengan bersyukur dan berterima kasih, ternyata memiliki dampak positif terhadap tubuh mulai dari kesehatan fisik hingga mental.

Ada juga penelitian yang dilakukan oleh Universitas Twente, melibatkan 217 peserta untuk menunjukkan bahwa pelatihan selama 6 minggu. Para peserta yang melatih rasa terima kasihnya mengalami peningkatan yang cukup besar pada kesehatannya.

Begitu juga dengan rasa syukur akan membuat seseorang lebih fokus pada hidupnya, termasuk menikmati hal sederhana. 

"Melatih rasa syukur bukanlah trik untuk menjadi bahagia dengan cepat. Tapi, latihan rasa syukur ini mengembangkan sikap baru terhadap kehidupan, Kehidupan menjadi kurang jelas dan membuat orang lebih fleksibel," jelas Ernst Bollemeijer, Profesor Kesehatan Mental Positif.

Rasa syukur dihasilkan dari kecerdasan emosional yang mampu menciptakan energi ikhlas, puas, dan tenang, di setiap momen peristiwa kehidupan pribadi dan sosial. Rasa syukur membutuhkan emosional diri yang stabil dalam pikiran positif yang konsisten. 

Setiap peristiwa dalam hidup disikapi dengan perasaan baik, menempatkan ikhlas sebagai kekuatan diri. Rasa syukur menjadikan kita selalu hidup dalam energi positif, dan hal ini membuat kita menjadi semakin penting untuk kebahagiaan diri kita.