TREIndonesia

Renang Salah Satu Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mental 

19 January 2021

Berenang tentunya sudah jelas memiliki manfaat untuk fisik manusia, terutama untuk menguatkan otot dan membuat postur tubuh lebih tegak.

Selain melatih fisik, berenang juga diklaim dapat membantu bagi yang memiliki masalah kesehatan mental. Penelitian membuktikan bahwa berenang mampu mengatasi gangguan depresi karena melatih fokus dan meningkatkan suasana hati yang positif.

Hal ini disebabkan karena ketika berenang, otot-ototmu akan mengalami peregangan dan relaksasi yang disertai dengan teknik pernafasan yang beriringan. Itulah kenapa renang bisa meningkatkan mood dan meredakan depresi.

Renang sebagai terapi air 

Berenang di air dingin juga sebagai terapi kejut yang akan memicu beta endorphin dan adrenalin di otak. Kejutan dari air dingin hampir mirip dengan terapi kejut listrik. 

Sejumlah listrik bergerak dari ujung saraf kulit untuk mencapai otak. Dan menyentak sistem untuk meningkatkan tingkat energi, kejelasan, dan kewaspadaan. Reaksi ini dapat memiliki efek yang menguntungkan dan mengurangi depresi.

Peneliti Universitas Osaka menemukan fakta bahwa mandi air dingin memiliki efek positif dalam menurunkan hormon kortisol yang merupakan hormon stres. Air dingin menyebabkan pembuluh darah mengencang dan meningkatkan sirkulasi darah dari permukaan tubuh ke inti untuk menghemat panas.

Ketika darah mengalir ke otak dan organ vital lain di dalam tubuh, ada sirkulasi oksigen yang membantu detoksifikasi, membuat tubuh merasa rileks, dan lebih berenergi.

Renang sebagai bentuk mindfulness 

Sudah lama direkomendasikan, praktek mindfulness juga membantu kita untuk tetap fokus dan tenang dalam menghadapi situasi apapun yang terjadi sehingga menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan mental.

Hal ini karena dapat meningkatkan kesadaran berulang dan berenang juga melibatkan gerakan seluruh otot dan pernapasan sehingga membuat badan menjadi rileks