TREIndonesia

Sangat Penting Peran Support System Bagi Seseorang

14 October 2020

Support system yang baik adalah hal terpenting untuk dimiliki. Mereka akan membantu akan membantu kita mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi.

Dalam menjalani kehidupan, semua orang tentu pernah menghadapi masalah. Setiap masalah mesti memiliki solusi. Bukan hal yang mudah untuk menghadapi dan mencari solusi seorang diri. Dalam sebuah hubungan, support system sangatlah penting dalam membantu memberikan semangat, dukungan, solusi yang tepat saat menghadapi masa-masa sulit.

Support system adalah lingkaran yang terdiri dari beberapa orang yang dipercaya sebagai sistem dukungan dalam hidup. Orang-orang tersebut bisa kamu percayai untuk berkeluh kesah, bercerita, mendapatkan insight atas kebingungan, solusi setiap permasalahan yang kamu hadapi.

Dengan adanya support system ini, kamu dapat termotivasi dengan baik menjalani hidup. Kehadiran dan dorongan dari mereka, juga dapat membuat kamu bisa bangkit dari keterpurukan dapat menjadi penguat dikala titik terendah sekalipun. Orang-orang yang biasanya termasuk ke dalam support system adalah keluarga, sahabat, pasangan, maupun rekan kerja. 

Menurut direktur asosiasi program psikiatri perinatal dan reproduksi di Klinik Cleveland, Adele Viguera, MD, mengatakan:

"Setiap kali ada yang mengalami kesulitan, mereka dapat memperoleh manfaat dari dorongan teman dan keluarga bahwa semuanya akan menjadi lebih baik."

Penelitian yang dipublikasikan American Psychological Association menunjukkan, ada hubungan kuat antara hubungan sosial dan berbagai aspek kesehatan dan kesejahteraan. Social support atau support system yang buruk telah dikaitkan dengan depresi dan kesepian yang terbukti meningkatkan risiko depresi, bunuh diri, penggunaan alkohol, penyakit kardiovaskular, dan perubahan fungsi otak. 

Begitu pentingnya support system yang kuat untuk kesehatan. Untuk itu, kamu harus membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang di sekitar kamu. 

Lalu, apa saja yang membuat support system itu penting?

  • Dapat mendorong perilaku positif dan pengambilan keputusan

  • Membantu melewati stres atau masa sulit

  • Meningkatkan motivasi

  • Menjadi pribadi yang kuat dan sehat

  • Membantu mengeksplor diri

  • Mengembalikan energi positif untuk menghadapi hari-hari seperti sedia kalanya.