TREIndonesia

Selain Sebagai Hiasan, Menaruh Tanaman di Meja Kerja Memiliki Manfaat Positif Bagi Kesehatan

04 March 2021

Menaruh tanaman dalam ruangan atau diatas meja kerja memberikan manfaat lebih besar dari yang dibayangkan. Mau tahu apa saja manfaatnya? Baca ulasan berikut...

Melakukan aktivitas seharian dalam ruangan kerja dapat mempengaruhi keadaan mood. Bekerja selama delapan jam atau bahkan bisa lebih, tentu akan membuat pikiran terkadang lelah dan jenuh. 

Apalagi jika melihat meja kerja yang dipenuhi dengan tumpukan kertas dan tugas-tugas, pasti akan terlihat sesak dan juga menurunkan motivasi. Sebaiknya, kamu bisa mencoba mengubah tatanan meja kerja dan menambahkan dekorasi tambahan agar suasana meja kerja menjadi lebih segar.

Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan menaruh tanaman di meja kerjamu. Hal ini dapat memberikan dampak positif khususnya bagi kesehatan lho.  

Menurut riset terbaru yang dilakukan tim psikologi tanaman, Tina Bringslimark beserta tim dari Norwegian University of Life Sciences dan Uppsala University, Swedia, kehadiran tanaman di meja kerja bisa mengurangi kelelahan, stres, tenggorokan kering, sakit kepala, batuk hingga kulit kering. 

Dan inilah ulasan manfaat meletakkan tanaman di meja kerja....

1. Mengurangi stres

Memandangi hijaunya dedaunan akan membuat kamu merasakan kesegaran dan memberikan kesan menenangkan. Hal tersebut juga diungkapkan oleh ahli Psikologi bahwa warna hijau yang dihasilkan dari tanaman dapat memberikan efek santai, rileks dan tenang. 

2. Meningkatkan produktivitas

Para peneliti percaya bahwa otak manusia akan mengalami pemulihan ketika melihat elemen alam seperti tanaman. Kantor yang memiliki tanaman, membuat karyawan akan merasa lebih santai dan lebih mampu berkonsentrasi sehingga produktivitasnya meningkat.

3. Memperbaiki kualitas udara

Tanaman yang diletakkan di dekat meja, dapat membantu memurnikan udara yang ada di sekitarnya. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Fraser Trophy dari Universitas Sydney membuktikan bahwa meletakkan tanaman dalam ruangan dapat membantu mengurangi tingkat karbondioksida sekitar 10 persen di kantor ber-AC dan 25 persen di gedung tanpa AC.

4. Meningkatkan kelembapan 

Memang, AC membuat ruangan menjadi lebih sejuk, lebih semangat bekerja karena tidak berkeringat. Namun ini menyebabkan ruangan menjadi terasa sangat kering dan dapat menyebabkan kulit kering dan mengelupas. Nah, di sinilah peran tanaman di atas meja kerja yang dapat membantu menjaga kelembapan udara di dalam ruangan.