TREIndonesia

Self-care Tak Kalah Penting Untuk Kesehatan

16 October 2020

Disibukkan dengan berbagai rutinitas yang dilakukan setiap hari, terkadang membuat seseorang lupa akan waktu istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh dengan merawat diri.

Dengan banyaknya urusan dan prioritas yang dilakukan, banyak diantara kita yang tidak menyadari bahwa merawat diri sendiri atau self-care juga tak kalah penting. Self-care atau perawatan diri adalah aktivitas yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan rasa kesejahteraan diri sendiri.

Ini merupakan hal yang penting untuk kesehatan mental dan kesehatan secara keseluruhan. Self-care juga termasuk dalam aspek penting dari manajemen stres untuk keberhasilan proses pemulihan dari gangguan mental. 

Dalam proses pemulihan menemukan bahwa kesehatan fisik, spiritual, dan emosi seseorang  terhubung dan saling mendukung. Dengan self-care membantu kita untuk tetap sehat baik secara fisik maupun mental, serta membantu kita untuk kembali menyelami, menghargai dan mencintai diri sendiri. 

“Self-care adalah tindakan untuk fisik, emosi, relasi, mungkin juga profesional, edukasi, dan untuk beberapa orang, kesejahteraan spiritual yang mencerminkan cara kita menjaga diri kita sendiri pada tingkat yang paling mendasar,” kata Helen L. Coons, psikolog kesehatan klinis, spesialisai dalam kesehatan perilaku dan kesejahteraan wanita di Fakultas Kedokteran Universitas Fakultas Psikiatri di Aurora, Colorado.

Manfaat dari self-care ini adalah sebagai berikut:

  • Menjaga suasana hati

  • Mencegah timbulnya stres

  • Membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks dan tenang

  • Memiliki me time yang berkualitas

  • Meningkatkan energi positif

  • Menyeimbangi kesehatan fisik dan mental

Perlu dipahami, bahwa self-care tidak berarti berfoya-foya, ya. Dengan meluangkan waktu untuk merawat diri, dimana membuat seseorang hanya akan fokus dengan dirinya sendiri tanpa harus melakukan hal lain. Misalnya, membaca buku, body care, go to nature, jalan-jalan santai dan lainnya.