TREIndonesia

Senyum Memiliki Kontribusi Baik Bagi Kesehatan. Baca selengkapnya...

15 November 2020

Tersenyum memang terkesan sederhana, tapi dampaknya luar biasa. Salah satunya adalah senyuman merupakan cerminan kebahagiaan.

Tersenyum adalah alat yang membantu kita berkomunikasi dengan orang lain tanpa perlu mengatakan apa-apa. Tak hanya itu, senyum dapat menyenangkan orang lain, penelitian bahkan mengungkapkan senyum yang tulus berkontribusi pada kesehatan. 

Pernah mendengar, senyum itu bisa “ditularkan”? Coba saja perhatikan jika ada orang yang tersenyum, entah itu disengaja atau tidak, yang pasti kita juga akan membalas senyumannya. Tanpa disadari, senyuman yang kita diberikan, kebahagiaan pun mulai terbentuk. Sebenarnya, senyum dianggap bisa menular karena rangsangan saraf yang secara otomatis muncul ketika seseorang melihat orang lain senyum. 

Saraf yang terangsang tersebut akan memberikan sinyal pada otot muka untuk membentuk senyuman di wajah, dan otak akan secara alami mengaktifkan pusat saraf yang mengatur emosi manusia dan rasa kebahagiaan. Ilmuwan telah mempelajari banyak aspek dari tersenyum, seperti bagaimana hal itu mempengaruhi otak, kesehatan, dan pengalaman hidup secara keseluruhan.

Keajaiban yang dirasakan dari senyuman bagi tubuh, diantaranya: 

1. Senyum meningkatkan mood

Ekspresi wajah berdampak besar pada mood. Ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa tersenyum memiliki kekuatan untuk meningkatkan suasana hati dan mengirimkan sinyal ke otak yang mengatakan bahwa kita bahagia.

2. Menurunkan tingkat stres

Ketika stres, dengan tersenyum dapat melepaskan zat kimia (endorfin) yang menurunkan tingkat stres dan menimbulkan rasa euforia ringan.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Menurut ahli biokimia, Sondra Barrett, dalam bukunya Secrets of Your Cells menjelaskan tersenyum dapat melepaskan ketegangan pada tingkat sel. Bagaimana sel membedakan rasa aman dan bahaya, lalu menemukan dan memperbaiki masalah serta menciptakan keseimbangan dalam tubuh. 

4. Membuat penampilan menjadi menarik

Senyuman adalah salah satu isyarat yang kemudian dianggap sebagai orang yang santai, berkompeten dan menarik.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Senyuman adalah senjata rahasia yang dapat digunakan setiap orang, setiap saat untuk menimbulkan perasaan percaya diri meskipun selama situasi tekanan tinggi.

6. Membuat seseorang menjadi lebih kreatif 

Sebuah penelitian mengungkapkan, mereka yang bahagia memiliki pendekatan yang lebih komprehensif dalam memikirkan solusi. Dalam penelitian ini menghubungkan temuan dengan pelepasan dopamin yang dipicu oleh kebahagiaan.

7. Meningkatkan produktivitas

Sebuah tim penelitian ekonomi (2010) menemukan, bahwa kebahagiaan memiliki efek signifikan terhadap kinerja karyawan. Seiring dengan energi positif yang dipancarkan, energi negatif pun akan berkurang.