TREIndonesia

Sering Ngigau Bisa Jadi Karena Masalah Mental atau Emosional?

19 April 2021

Mengigau bisa jadi tanda gangguan tidur atau kondisi emosional? Untuk lebih jelasnya simak artikel ini...

Fenomena yang lumrah terjadi saat tidur adalah mengigau. Mengigau adalah gejala yang terjadi saat kondisi seseorang setengah sadar. Mengigau juga termasuk jenis parasomnia, yaitu perilaku abnormal yang terjadi saat tidur.

Menurut peneliti, mengigau disebut somniloquy, tanpa sadar berbicara dalam tidur. Episode somniloquy dapat berupa gumaman singkat dan omong kosong. Dan penelitian lain juga menunjukkan bahwa ucapan yang keluar saat mengigau jauh lebih rumit daripada yang diharapkan dan mendukung teori bahwa ada fungsi otak yang lebih tinggi selama semua tahap tidur.

Lantas, apa yang dapat menyebabkan seseorang mengigau? 

National Sleep Foundation menjelaskan, penyebab mengigau bisa berasal dari stres, depresi, kurang tidur, kantuk di siang hari, alkohol, dan demam. Selain itu, mungkin juga ada faktor genetik juga yang menyebabkan orang mengigau saat tidur.

Mengigau juga bisa terjadi sambil berjalan dala apa pun yang berhubungan dengan gangguan tidur lainnya. Dan bisa menjadi tanda gangguan tidur yang lebih serius seperti sleep apnea, night terrors, atau gangguan perilaku REM (Rapid Eye Movement).

Mengatasi kebiasaan mengigau

Mengigau ini dapat terjadi pada siapa saja. Untuk meminimalisir kebiasaan ini, tetapkan jadwal tidur yang teratur, mendapatkan jam tidur yang cukup yaitu 7-9 jam per hari, hindari makan besar sebelum jam tidur, dan melepaskan stres atau emosi terpendam dengan melakukan olahraga ringan atau relaksasi secara teratur sebelum tidur.