TREIndonesia

Simak Cara Menjalin Persahabatan yang Kuat dan Sehat

11 November 2020

Persahabatan yang sehat akan membuat kita merasa nyaman dengan diri kita sendiri sehingga kita tidak perlu menjadi orang lain. Mereka akan selalu mengelilingi kita dengan berbagai hal positif. Bagaimana cara membangun persahabatan yang sehat?

Seseorang yang selalu ada ketika kita ingin berbagi cerita, memberi perhatian ketika kita membutuhkan adalah seorang sahabat. Memiliki persahabatan juga memegang peranan penting dalam hidup kita. Kita perlu melihat seberapa kuat dan sehat hubungan persahabatan yang terjalin karena hubungan itu sangat berharga.

Hubungan persahabatan tidak selalu menimbulkan dampak positif. Bahkan, salah memilih teman dapat memberikan dampak negatif dan berakibat buruk terhadap kita. Biasanya, dapat menimbulkan toxic circle. Maka, bangunlah persahabatan yang kuat dan sehat, karena hubungan persahabatan juga berdampak besar terhadap kesehatan mental. 

Persahabatan yang sehat adalah tentang memberi dan menerima, saling pengertian dan saling menghormati. Salah satu tanda pertemanan yang sehat adalah hubungan yang ‘saling’, sehingga interaksi tidak berlangsung hanya satu pihak atau sebelah tangan.

"Ciri pertemanan sehat itu ada trust, respect dan grow together," kata psikolog Karina Priliani, M.Psi. Psikolog.

Maksudnya, trust berarti bisa menjaga kepercayaan yang diberikan dan memiliki integritas. Kemudian, respect berarti tidak hanya menghormati orang lain tetapi juga menghormati diri sendiri. Dan grow together berarti tumbuh bersama dalam kebaikan, sehingga semua pihak akan saling mendukung dan saling menjaga. 

Yuk, simak cara menjalin persahabatan yang kuat dan sehat...

1. Saling mendukung, percaya, dan jujur

2. Belajar dan menerima kelebihan dan kekurangan tanpa tidak saling menghakimi

3. Saling menghormati dan menghargai perbedaan dalam segala hal

4. Memiliki kehidupan yang seimbang dalam aspek kesehatan, pengembangan diri sesuai kompetensi, passion dan privasi masing-masing

5. Saling simpati dan memberikan perhatian di saat masa-masa sulit

6. Memberitahu kesalahannya tanpa membicara kan dibelakangnya

7. Membuka diri untuk bercerita dan saling memberi nasehat.

8. Saling menjaga rahasia

9. Jangan egois dan menaruh ekspektasi

10. Meminta maaf dan memaafkan

11. Menyediakan waktu meskipun hanya bertanya sebatas kabar