TREIndonesia

Tak Hanya Melegakan Hati, Menangis Juga Redakan Stres dan Lawan Bakteri Dalam Tubuh

08 May 2021

Menangis memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan fisik dan mental. Apa saja manfaatnya?

Menangis adalah respon alami bagi manusia sebagai bentuk ungkapan atas emosi yang dirasakan. Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan emosi, menangis pun ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Hal ini disebutkan oleh seorang ahli saraf Dr. William H. Frey II, yang juga penulis buku Crying: The Mystery of Tears dan pendiri Pusat Penelitian Alzheimer di Rumah Sakit Daerah di St. Paul, Minnesota, menyebutkan "Menangis bukan hanya respons manusia terhadap kesedihan dan frustasi, tetapi juga respons yang sehat."

Inilah manfaat menangis bagi kesehatan

  1. Melepaskan hormon stres dan racun dalam tubuh

Saat stres, muncul zat bersifat racun yang meningkatkan hormon kortisol. Dengan menangis, racun-racun dalam tubuh pun ikut dikeluarkan melalui tetesan air mata. Tubuh akan terasa menjadi lebih baik setelah menangis. Hal itulah yang mendorong perasaan kita menjadi lepas dan tenang. Para ilmuwan menemukan bahwa air mata emosional sebenarnya mengandung hormon dan protein tambahan yang tidak ditemukan pada jenis air mata lainnya.

  1. Meningkatkan suasana hati

Perasaan lega setelah menangis artinya telah membuang emosi negatif dan mendapatkan energi positif kembali. Setelah menangis, suasana hati pun menjadi lebih baik dan meningkatkan endorfin atau hormon bahagia di otak.

  1. Menyeimbangkan emosi

Riset menunjukkan bahwa manfaat menangis lainnya adalah untuk menyeimbangkan emosi. Menangis membantu tubuh untuk mengatasi emosi positif atau negatif yang kuat yang dialami.

  1. Membantu tidur lebih cepat

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa menangis dapat membantu bayi tidur lebih baik. Sayangnya, belum ada penelitian menangis dapat membantu tidur lebih baik dan lebih cepat pada orang dewasa.

  1. Melawan bakteri

Manfaat menangis yang tidak kalah dari manfaat-manfaat menangis lainnya adalah untuk membunuh bakteri dan menjaga kebersihan mata. Hal ini karena air mata mengandung cairan lysozyme yang dapat menurunkan risiko terinfeksi bakteri-bakteri yang digunakan dalam teror biokimia, seperti atraks, dsb.