TREIndonesia

Tak Sekedar Hobi, Fotografi Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

09 December 2020

Memotret merupakan salah salah hobi yang banyak digemari. Hobi fotografi, ternyata memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan sekaligus menambah pengalaman, teman bahkan inspirasi.

Fotografi tidak hanya membuat seseorang pergi keluar rumah untuk mencari objek foto, tapi hobi ini memungkinkan seseorang menemukan tempat baru yang menarik, memanfaatkan keindahan alam, dan mengabadikan momen. Biasanya, dapat dilakukan di halaman atau di belakang rumah, taman, pantai dan lainnya.

Namun, ada juga yang hanya memanfaat ruangan dengan dekorasi-dekorasi yang ditata bagus. Sama halnya yang dilakukan Ikhsan, virtual photoshoot, "melakukan salah satu kegiatan yang menyenangkan seperti memotret atau dipotret jadi model pastilah menyenangkan. Apalagi jika orang tersebut memang gemar difoto."

Yuk, simak manfaat fotografi bagi kesehatan...

1. Hobi fotografi dapat memperbaiki kesehatan fisik

Bagi seseorang yang jarang bergerak atau melakukan aktivitas fisik, dengan menyalurkan hobi fotografi di luar ruangan dapat membuat seseorang menjadi lebih aktif. Badan pegal-pegal menjadi berkurang, peredaran menjadi lebih baik dan detak jantung menjadi normal serta mood menjadi lebih baik.

2. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi

Ketika hunting foto, seseorang terus aktif berjalan untuk mencari objek foto dan memotret objek foto dengan penuh konsentrasi untuk mendapatkan hasil yang bagus untuk diabadikan. Menurut penelitian, aktif berjalan selama 30 menit dapat memperbaiki kemampuan berpikir kreatif. Selain itu, fotografi juga dinilai dapat mengembangkan imajinasi. 

3. Dapat menghilangkan stres dan membuat bahagia

Secara psikologis, hobi fotografi cenderung memposisikan kegiatan memotret sebagai obat stres, dengan kata lain memotret dapat membuat pikiran menjadi rileks, karena hal ini bersifat therapeutic. Kegiatan menghasilkan gambar terbaik hingga seseorang merasa puas akan hasil motretnya.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Ternyata saat seseorang membagikan foto kepada orang lain dan mendapatkan respon positif dari orang-orang sekitar, hal tersebut akan meningkatkan rasa percaya diri.

5. Meningkatkan memori

Melalui fotografi, seseorang bisa mengabadikan berbagai momen dalam kehidupan. Saat melihat kembali momen-momen yang telah diabadikan tersebut, otak akan mencari dan mengingat kembali memori atau momen tersebut. Inilah alasannya fotografi bisa meningkatkan memori.