TREIndonesia

Tidur Terlalu Lama Dapat Menyebabkan Sakit Kepala

12 November 2020

Jika kamu merasa sakit kepala atau mengeluh kepala terasa berat karena tidur terlalu lama? Coba simak ulasan berikut...

Setelah seharian penuh beraktivitas, tentu tubuh membutuhkan istirahat untuk memulihkan kondisinya. Tidur yang cukup merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kesehatan, namun kekurangan tidur ataupun tidur berlebihan justru dapat mengganggu kesehatan. Salah satunya adalah dapat menyebabkan sakit kepala. Kok, bisa?

Tidur lebih lama dari biasanya dapat membuat kepala terasa nyeri dan pusing. Para peneliti percaya, bahwa hal ini berhubungan dengan suatu neurotransmitter pada otak, termasuk serotonin. Ketika kinerja zat tersebut terganggu, aktivitas saraf di otak akan bermasalah sehingga berisiko menyebabkan sakit kepala.

Dan orang yang terlalu banyak tidur di siang hari dan mengganggu waktu tidur di malam hari, juga mungkin akan merasakan sakit kepala di pagi hari. Menurut National Sleep Foundation, mereka yang memiliki gangguan tidur mengalami sakit kepala, dua hingga delapan kali lebih sering.  

Selain itu, tidur dalam durasi panjang mengakibatkan penurunan pada hormon endorfin dan enkefalin yang berfungsi meredakan rasa nyeri. Pada waktu tersebut, tubuh lebih banyak memproduksi hormon adrenalin yang berperan sebagai dilatasi (perbesaran) dan konstriksi (pengecilan) pembuluh darah di dalam otak.

Keadaan inilah yang menyebabkan nyeri atau sakit pada bagian kepala dan juga terjadi perubahan hormon di dalam tubuh, sehingga menimbulkan rasa lemas setelah tidur terlalu lama. Kondisi ini lama kelamaan dapat mengganggu kesehatan lainnya dan aktivitas sehari-hari pun menjadi terganggu.

Ini juga dapat memicu gangguan kecemasan, stres bahkan depresi dan bipolar. Agar terhindar dari gangguan tersebut, kamu harus memperbaiki kualitasnya tidur untuk mendapatkan manfaat tidur yang sesungguhnya. Berikut, beberapa cara untuk memperbaiki kualitas tidur, antara lain:

  • Buatlah jadwal tidur

  • Buatlah suasana kamar menjadi nyaman

  • Batasi tidur siang

  • Tenangkan pikiran sebelum tidur, dengan teknik relaksasi

  • Batasi penggunaan gadget/elektronik

  • Olahraga secara rutin

  • Hindari konsumsi kafein dan alkohol

  • Menjaga asupan mineral di dalam tubuh untuk menggantikan cairan yang hilang selama tidur.