TREIndonesia

Tiga Pilar yang Berkontribusi pada kesehatan, Apa saja?

12 June 2021

Tahukah kamu, apa saja gaya hidup sehat yang rutin dilakukan dan berpengaruh terhadap kesehatan?

Ada berbagai kondisi yang mempengaruhi kesehatan mental seseorang, mulai dari lingkungan, kepribadian, hingga beberapa kebiasaan gaya hidup seseorang. Menurut WHO, 60?ktor yang terkait dengan kesehatan dan kualitas hidup individu berhubungan dengan gaya hidup. 

Mental yang sehat bisa mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, bertindak, menangani stres, dan menentukan pilihan. Menjaga kesehatan mental adalah tindakan yang wajib dilakukan agar tubuh bisa sehat secara jasmani dan rohani. 

Banyak kebiasaan atau gaya hidup sehat yang bisa kita lakukan. Dalam pembahasan ini, 3 hal gaya hidup yang harus diterapkan dengan baik, yaitu:

1. Tidur atau istirahat yang cukup

Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan mental. Banyak orang yang mulai menunjukkan gejala gangguan mental ketika mereka tidak mendapatkan tidur yang baik. Tidur itu memulihkan, baik bagi tubuh maupun pikiran.

2. Olahraga atau aktif bergerak

Aktivitas fisik atau olahraga akan menghasilkan hormon yang dapat membuat kita merasa bahagia. Olahraga rutin juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, membantu mengatasi stress dan memperlancar aliran udara ke otak. Berbagai penelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun juga telah membuktikan, dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin, ini dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan juga mental.

3. Pola makan sehat

Pola makan menjadi faktor terbesar dalam gaya hidup yang memiliki pengaruh langsung pada kesehatan. Jangan lupa untuk selalu penuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuhmu agar kesehatan fisik dan mental selalu terjaga dengan baik.

Menurut para peneliti dari University of Otago di Selandia Baru mengungkapkan, "tidur, aktivitas fisik, dan pola makan sehat dapat dianggap sebagai tiga pilar kesehatan yang berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan optimal di antara orang dewasa muda."

Tidur, olahraga dan pola makan sehat juga merupakan rangkaian perilaku kompleks yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari serta berpengaruh terhadap kesehatan mental. Menerapkan gaya hidup sehat membutuhkan komitmen dan kemauan yang kuat. Ingatlah bahwa menerapkan gaya hidup sehat sangat bermanfaat bagi diri sendiri