TREIndonesia

Tingkatkan Daya Ingat dengan Kegiatan Berikut ini

26 January 2021

Susah mengingat sesuatu atau pikun menjadi salah satu tanda memori atau ingatan berada dalam kondisi tidak baik. Bisakah otak dilatih agar dapat berfungsi dengan baik lagi? Bagaimana caranya?

Fungsi otak akan kian menurun akibat proses bertambahnya usia dan dampak kondisi kesehatan yang kurang baik seiringnya waktu. Keadaan ini sangat wajar terjadi dan tidak ada yang salah dengan otak kita. Namun sayangnya, terkadang kebiasaan atau pola hidup yang buruk seringkali membuat kinerjanya menurun, seperti kurang tidur, cemas atau stres. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan dan gaya hidup juga berdampak besar pada memori. Daya ingat cenderung akan berkurang pada keadaan-keadaan, sebagai berikut:

  • Menghadapi kesibukan

  • Beban informasi yang berlebihan

  • Merasa cemas atau mengalami depresi

  • Menderita penyakit kronis

  • Usia lanjut

Hal yang perlu dilakukan adalah tetap aktif dengan latihan teratur dan melakukan kegiatan yang merangsang otak. Ada beberapa cara sederhana dan efektif meningkatkan daya ingat adalah dengan menjaga kesehatan otak, seperti kegiatan: 

1. Berolahraga 

Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa gerak tubuh yang rutin bisa memicu sekresi protein pelindung saraf dan meningkatkan perkembangan neuron. Hasilnya, semua bagian otak akan berfungsi dengan baik, termasuk lobus temporal dan hipokampus yang berfungsi menjaga memori. 

2. Kurangi asupan gula

Penelitian menunjukkan, mengkonsumsi terlalu banyak gula bisa mengurangi volume otak dan menurunkan daya ingat, khususnya memori jangka pendek.

3. Tidur yang cukup

Penelitian ini menunjukkan membiasakan cukup tidur setiap hari dapat menjadi cara meningkatkan daya ingat yang efektif.

4. Melatih otak

Otak juga perlu dilatih agar kemampuannya terus optimal, seperti senam otak, teka-teki silang, puzzle, sampai kegiatan membaca, bermain catur, menguji ingatan dengan menghafal gambar, serta memainkan alat musik, dapat dilakukan sebagai cara menambah daya ingat dan fungsi otak.

5. Latihan relaksasi 

Teknik relaksasi telah terbukti meningkatkan daya ingat jangka pendek pada orang-orang dari segala usia. Teknik ini bisa membuat daya ingat lebih baik dan fokus dalam melakukan sesuatu.