TREIndonesia

Trik Usir Stres dan Nikmati Hari Tanpa Pergi Liburan

13 April 2021

Pergi liburan bukan satu-satunya solusi untuk menghilang penat dan juga stres, ada cara sederhana yang bisa membuat rileks tanpa pergi liburan. Yuk, simak apa saja...

Liburan adalah kegiatan bersenang-senang sejenak melepaskan penat dan pikiran dengan semua aktivitas yang telah dilakukan. Tak bisa dipungkiri, liburan juga menjadi salah satu cara menghilangkan stres paling instan.

Bagaimana tidak, liburan memberikan rasa baru dengan menikmati keindahan alam, pemandangan laut, pegunungan, atau kota memang banyak diakui bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks, pikiran jadi lebih tenang, dan tentunya hati pun senang.

Namun, disisi lain ada yang berbeda. Tidak semua orang bisa langsung berlibur saat stres melanda. Alih-alih menghilangkan stres, bisa jadi stres malah menghancurkan suasana liburan. Atau bisa jadi sepulang liburan, malah terjebak dalam stres baru. Sebab, stres saat liburan bisa disebabkan oleh beberapa hal. 

Tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres yang tak harus dengan liburan tapi masih di rumah atau tempat terdekat, seperti:

  1. Menghabiskan waktu dengan orang terdekat

Keluarga, sahabat, dan pasangan bisa menjadi support system yang kuat bagi kita. Mereka akan mendukung kita dalam kondisi apapun. Kehadiran mereka tak hanya bisa memberikan hiburan, tetapi juga akan menghadirkan solusi bagi kita.

  1. Berkebun

Terapi berkebun di taman terbuka sudah diakui bisa mengurangi beberapa risiko kesehatan. Mulai dari demensia, depresi, schizophrenia, hingga membantu proses pemulihan orang-orang yang menderita kanker stadium akhir juga stres.

  1. Berjemur atau jalan-jalan santai

Pentingnya berjemur bisa untuk meredakan stres atau khawatir berlebihan. Menurut penelitian, kekurangan cahaya matahari akan membuat serotonin (hormon yang menghasilkan mood yang positif dan ketenangan) dalam tubuh berkurang, yang bisa meningkatkan risiko depresi berat. Atau pergi keluar untuk berjalan-jalan pagi yang tenang dapat menyegarkan pikiran selama 5-10 menit, atau 20 menit setiap hari dan melatih tubuh untuk rileks dapat mengurangi stres. 

  1. Olahraga rutin

Satu lagi cara ampuh untuk menghilangkan stres tanpa liburan adalah olahraga. Tak perlu mengeluarkan banyak uang, olahraga seperti lari dan berenang juga bisa menjadi cara untuk melawan stres. Selain itu, olahraga juga membuat kita mengeluarkan hormon endorfin yang juga dikenal sebagai hormon kebahagiaan.

  1. Bermain dengan hewan peliharaan

Hubungan yang baik antara manusia dan binatang peliharaan dipercaya dapat menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stres pada tubuh dan juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Dan juga binatang peliharaan bisa mengatasi rasa kesepian, memberikan dukungan, serta meningkatkan mood baik.

  1. Menulis

Menulis dapat membantu seseorang menemukan solusi dalam mengatasi masalah jika tidak bisa bercerita dengan orang lain. Menulis adalah juga cara ampuh menghilangkan stres.