TREIndonesia

Untuk Mempererat Hubungan Pertemanan yang Sehat dan Positif, Coba Baca Tips Ini…

22 April 2021

Pertemanan sehat adalah hubungan yang memberikan dampak positif dan saling memberikan inspirasi kepada satu sama lainnya. Nah, bagaimana tipsnya? Simak ulasan berikut....

Hubungan pertemanan tidak selalu menimbulkan dampak positif terhadap kita. Memilih-milih teman dalam konteks positif itu perlu kita lakukan guna menciptakan lingkaran pertemanan yang positif dan sehat. Memiliki circle pertemanan yang positif merupakan harapan bagi setiap orang. 

Untuk mendapatkan hal semacam itu, terkadang kita perlu bersikap baik agar banyak sesuatu yang positif bisa didapatkan dalam lingkaran pertemanan. Namun, jika kamu telah menemukan teman yang pas dan cocok denganmu, semua jadi terasa lebih mudah dan menyenangkan bersamanya. Hanya perlu merawat pertemanan agar tetap kuat juga jadi hal yang perlu dilakukan.

Cara yang bisa kamu terapkan agar hubungan pertemanan kalian jadi lebih erat, sebagai berikut:

• Saling percaya

Saling percaya satu sama lain merupakan hal yang sangat mendasar dalam hubungan pertemanan. Persahabatan yang sehat membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi. Untuk itu, kepercayaan adalah aspek fundamental dalam persahabatan. 

• Jangan pernah memanfaatkan kebaikan orang lain

Sekali lagi ingatlah bahwa hukum timbal balik akan senantiasa terus berlaku. Jika kita suka memanfaatkan kebaikan orang lain, percayalah bahwa suatu saat hal demikian pasti akan terjadi pada kita sendiri. Kita pasti akan terjebak di lingkaran toxic karena hanya mengharapkan keuntungan dari kawanannya. 

• Hargai batasan

Semua hubungan pertemanan yang sehat memiliki batasan, baik batasan fisik maupun emosi. Pada titik ini, kita bisa menghormati serta menghargai keputusan mereka. Berikan ruang yang untuk memberikan merasa aman dan nyaman. Jangan sampai lupa bahwa kebijaksanaan kita dalam bersikap dan bagaimana cara memperlakukan orang lain adalah elemen penting dalam pertemanan yang sehat.

• Jadilah pendengar yang baik 

Memiliki lingkaran pertemanan positif, kita perlu menjadi pendengar yang baik. Percayalah bahwa hal itu tentunya akan membuat kita disegani oleh orang lain. Melibatkan rasa empati ketika ada orang lain yang sedang menceritakan keluh kesahnya, hal tentu pasti akan membuat orang lain merasa nyaman.

• Jika ada yang meminta bantuan, tunjukkan rasa pedulimu

Sikap empati memberikan pengaruh besar terhadap hubungan sosial. Jika kita sering menunjukkan rasa peduli, percayalah bahwa orang lain pasti akan menghargai itu. Jika dia meminta bantuan, sebisa mungkin cobalah untuk memberikan bantuan.

• Jadilah diri sendiri

Gaya hidup setiap masing-masing individu berbeda-beda. Teman yang baik, pasti akan mengerti bagaimanapun keadaanmu. Jadi, tidak perlu memaksakan diri agar bisa masuk dengan pergaulan mereka.