TREIndonesia

Vertigo Kambuh? Segera Atasi…

22 February 2021

Dalam kondisi ini biasanya seseorang akan mengalami hilangnya keseimbangan sehingga untuk sekadar berdiri atau berjalan saja sangat sulit dilakukan. Simak cara mengatasinya...

Vertigo adalah salah satu keluhan yang sering dialami oleh beberapa orang. Saat vertigo menyerang, hal yang dirasakan bisa bervariasi, seperti pusing ringan dan muncul secara berkala disertai mual dan ingin muntah. Vertigo dibagi 2 kondisi yakni berat dan ringan, di mana ringan tidak membuat aktivitas terganggu sedangkan berat memaksa seseorang perlu beristirahat penuh. 

Lalu, bagaimana mengatasi vertigo jika kambuh?

Berikut cara mengatasi vertigo saat kambuh, antara lain:

• Atur pernafasan

Jika vertigo tiba-tiba menyerang, coba atur nafas dengan cara tarik dan hembuskan secara perlahan. Tujuannya, agar peredaran darah yang tersumbat menuju otak kembali lancar. Lakukan hal tersebut minimal 10 detik sejak vertigo menyerang.

• Latihan fisik

Menggerakkan sendi, kepala, dan bola mata dengan latihan fisik, bisa menjadi cara mengatasi vertigo. Bisa juga dengan melakukan relaksasi untuk keseimbangan tubuh. Latihan fisik tersebut berguna untuk membuat saraf di kepala lebih aktif dan mencegah kehilangan kesadaran.

• Cukupi waktu tidur

Jika penyebabnya adalah kurang tidur, maka cukupi waktu istirahat dengan tidur sejenak. Hindari berbaring miring yang bertumpu pada sisi kepala yang mengalami vertigo. Berbaring dengan kepala yang lebih tinggi dari tubuh dengan menggunakan dua bantal. Beristirahat dan berbaring sambil memejamkan mata untuk membantu mengurangi gejala mual dan sensasi berputar saat vertigo kambuh.

• Menghirup aromaterapi

Cara lain atasi vertigo bisa dengan menghirup aromaterapi. Aroma terapi dengan wangi yang kamu sukai akan membantu meregangkan saraf-saraf kepala yang menegang dan memberikan efek relaksasi utnuk mengurangi rasa nyeri akibat vertigo.

• Minum air hangat

Bila mersa sudah sedikit nyaman, segera minum air putih hangat. Gunanya untuk melemaskan otot-otot yang tegang karena vertigo. Lebih baik lagi dengan konsumsi jahe, karena kandungan pada jahe sangat baik untuk kesehatan.