TREIndonesia

Warna Outfit yang Sering Kamu Pakai, Memiliki Makna Tersirat

14 November 2020

Mood seseorang bisa diketahui dari warna pakaian atau outfit yang dipakai? Menurut ilmu psikologi, warna pakaian yang dikenakan dapat menunjukkan pesan tersirat bagaimana karaktermu.

Hampir semua orang memiliki warna favorit, bukan? Biasanya cenderung terlihat saat memilih warna outfit. Secara tak langsung, warna outfit yang sering kamu pakai tersebut memberikan pesan tersirat kepada orang yang melihatmu. Lois B. Wexner pernah melakukan penelitian tentang keterkaitan warna dengan suasana hati. Tak hanya itu, Frank H. Mahnke, psikolog Amerika juga pernah memimpin eksperimen tentang keterkaitan warna dengan emosi.

Jadi, outfit yang dipakai tidak hanya menggambarkan kepribadian warna, tetapi juga dalam hal emosional, perasaan, suasana hati dan perilaku dalam hal psikologi warna. Penasaran, kan? Yuk, langsung kita cari tahu..

1. Warna merah

Warna merah memiliki kesan dan arti; semangat, pemberani, menarik dan cinta. Penelitian menunjukkan bahwa menatap warna merah dapat membuat bernafas lebih cepat dan meningkatkan detak jantung dan sangat kuat secara emosional. 

2. Warna hitam

Hitam melambangkan kesan yang misterius, serius, powerful dan elegan tapi sederhana. Namun, di satu sisi warna hitam menunjukkan rasa takut keluar dari zona nyaman. Sedangkan di dunia fashion, warna hitam memberikan kesan keanggunan dan kekuatan.

3. Warna biru

Dari sisi psikologi, warna biru memiliki arti penuh konsentrasi, pemikiran yang jernih dan terkait dengan kesadaran dan kecerdasan. Psikolog dari American Psychological Association menyatakan, warna biru terkait dengan kesan kepercayaan dan kompetensi yang tinggi. Warna ini selalu cocok dalam situasi apapun dan bermanfaat bagi tubuh dalam memperlambat metabolisme manusia dan menghasilkan efek menenangkan. 

4. Warna hijau

Nuansa hijau, di identik dengan alam dan memiliki makna natural, santai dan meyakinkan. Psikolog menyebutkan hijau sebagai makna ‘lahir kembali’ dan kreativitas. Warna ini cocok bagi seseorang yang sedang merasa emosi karena dapat memberikan kesan menenangkan.

5. Warna kuning

Warna kuning juga dapat menarik perhatian dan menunjukkan sikap positif, hangat dan menyenangkan. Warna kuning juga berhubungan dengan kreativitas pada dunia pekerjaan. Selain itu, memiliki kesan semangat, optimis, membangkitkan keceriaan, merangsang aktivitas mental dan menghasilkan energi otot. 

6. Warna putih

Sering kali, warna putih diartikan sebagai lambang kesucian dan kemurnian. Salah satu kelebihan warna putih adalah mampu membantu mengurangi rasa nyeri, hal ini dikarenakan memberi kesan.