TREIndonesia

Yuk, Siasati Cara Ini Untuk Mengatasi Kecemasan Sosial

01 May 2021

Pikiran dan perasaan takut yang intens perlu segera diatasi. Tanda-tanda gangguan kecemasan ini bisa dilihat dari secara emosional, fisik, dan perilaku seseorang. Cari tahu disini cara untuk siasati kecemasan sosial

Pernah merasa cemas, takut berinteraksi, hingga keringatnya bercucuran atau tak nyaman ketika berada ditengah keramaian? Ini wajar saja terjadi, apalagi saat seseorang menghadapi situasi yang menegangkan dan menakutkan. 

Tapi, kalau rasa cemas yang muncul membuat seseorang menarik diri dari lingkungan, ini perlu diwaspadai. Menurut para pakar, seseorang yang memiliki perasaan cemas atau takut berlebih untuk berinteraksi dengan orang di sekelilingnya, bisa saja terjadi gangguan kecemasan sosial.

Kecemasan ini biasanya intens dialami seseorang, dengan frekuensi yang cukup sering terjadi, dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kecemasan sosial ini jika tidak ditangani secara cepat dapat membuat stress dan depresi yang berkelanjutan.

Berikut cara mengatasi gangguan kecemasan sosial antara lain:

1. Mengubah mindset dengan berpikir positif

Beberapa orang yang mengalami kecemasan berpikir bahwa keberadaannya tidak diinginkan, sehingga ia akan merasa takut untuk berinteraksi dengan orang lain. Padahal, itu belum tentu benar. Agar tidak semakin cemas, perlu mengubah mindset menjadi lebih positif. Misalnya, "Kehadiranku gak akan dianggap." menjadi "Aku harus kenalan biar mereka tahu aku."

2. Hadapi rasa takut

Kecemasan yang biasanya dirasakan adalah rasa takut akan lingkungan sosial yang menganggap dirinya merasa aneh di tengah keramaian. Agar bisa lebih mengendalikan pikiran dan perasaan, saatnya untuk hadapi semuanya. Tenangkan dan yakinkan diri bahwa semuanya baik-baik saja. 

3. Belajar rileks

Umumnya, gejala fisik yang muncul adalah keringat dingin, jantung berdebar, dan nafas lebih pendek. Salah satu belajar rileks adalah menarik napas dalam-dalam, lalu membuangnya secara perlahan. Ulangi beberapa kali hingga napas kembali normal.

Selain menarik napas, dengan teknik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup sehari-hari, seperti meditasi, yoga, TRE dan lainnya. Studi yang dilakukan oleh National Institutes of Health membuktikan bahwa meditasi secara damai dan menyenangkan dapat secara efektif melawan rasa cemas.